DGp8us635PkDgBjtWYFyqgXW69I Strategi Menghadapi Kerja Kontrak.

Monday, October 1, 2012

Strategi Menghadapi Kerja Kontrak.

Sabtu petang kemarin saya kebetulan mampir ke sebuah perbelanjaan besar milik asing di Cempaka Mas. Saya mampir hanya untuk membeli kopi dan teh pesanan istri karena teh yang biasanya dicari tidak ada di mini market yang ada di sekitar rumah saya.

Saat memasuki area belanja saya memasuki area saya melihat banyaknya pengunjung di lokasi. Saya fikir ini karena malam minggu dan kebetulan akhir bulan, jadi banyak orang yang berbelanja karena sebagian besar sudah menerima gajinya. Namun begitu saya akan membayar barang-barang yang saya beli , saya melihat antrian panjang yang luar biasa.



Sesaat setelah berdiri di barisan, saya mengamati kegiatan kasir. Berdasarkan apa yang saya lihat ternyata semua loket pembayaran hanya dijaga oleh 1 orang kasir. "Ini dia penyebab antrian panjangnya, cuma satu kasir saja", gumam saya.

Setelah antri selama 45 menit, akhirnya saya mendapat giliran membayar.

--

Saya bertanya kepada suatu sumber di sana tentang situasi yang terjadi. Darinya saya mendapati informasi bahwa loket kasi memang hanya dijaga 1 orang saja, tidak 2 orang sebagaimana biasanya. Hal tersebut dikarenaka para kasir baru sedang menjalani pelatihan sementara rombongan kasir sebelumnya baru saja putus kontrak. 

"Perusahaan yang memutus kontrak mereka setelah kontrak mereka habis selama 6 bulan."

"Perusahaan selalu ingin yang baru agar bisa mendapat orang-orang yang mau dibayar murah."

"Bagus atau tidak, tetap tidak diperpanjang, pak."

"Mereka kerja dari jam 10 pagi sampai 10 malam."

"Management tahu kondisi macetnya pengunjung hari ini, Pak, tapi mereka membiarkan masalah ini, karena memang tidak ada orang tersisa lagi."

---

Kondisi di atas adalah akibat dari kebijakan outsource yang memberi ijin kepada perusahaan untuk mempekerjakan pekerja berdasarkan kontrak  Dengan kontrak tersebut sering hak-hak pekerja menjadi tidak jelas, karena perusahaan sering menekan pekerja sehingga pekerja tidak ada pilihan. Dalam kasus perusahaan asing di atas, bila seorang kasir mengalami "sort" artinya ada kekurangan antara uang yang di tangan kasir dengan jumlah yang ada di data, maka sang kasir harus menutup kekurangan tersebut, namun sebaliknya bila ada kelebihan uang, maka uang itu untuk perusahaan.

Bila anda saat ini kebetulan bekerja sebagai pekerja kontrak atau outsource, sebaiknya ada beberapa trik yang anda perlu lakukan untuk melindungi masa depan anda :

1. Sadari dulu bahwa kondisi outsource ialah kondisi global, dimana pertarungan kepentingan disini sangat terasa, bagi sebagian besar karyawan hanyalah bisa menerima saja, untuk itu anda perlu memiiliki ketrampilan diri sendiri (memasak, berdagang, bahasa, menulis dan sebagainya).
2. Jangan terlena karena umur secara pasti akan membatasi mobilitas anda.
3. Anggap saja kondisi saat ini anda bekerja ialah sebagai batu loncatan untuk karir yang lebih baik oleh sebab itu anda wajib memelihara dan merawat link anda.

Pepatah mengatakan bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, anggap masa anda bekerja sebagai pekerja kontrak sebagai sekolah sehingga anda bisa berharap sesuatu yang lebih baik terjadi setiap tahunnya sejalan perubahan yang ada lakukan.

========
Kembangkan dan Latih Kertrampilan Anda.

Kunjungi LATIHAN ENGLISH

Related Post