DGp8us635PkDgBjtWYFyqgXW69I Mengapa Saya Harus Menerima Anda Bekerja di Kantor Ini?

Friday, October 5, 2012

Mengapa Saya Harus Menerima Anda Bekerja di Kantor Ini?

Pertanyaan di atas sering membuat "keder" para pencari kerja yang baru saja lulus dari bangku sekolah atau bangku kuliah. Bagi yang memiliki ketrampilan dan ketrampilannya bisa dibanggakan tidak akan terlalu sulit menjawab pertanyaan ini, namun bagi yang tidak memiliki ketrampilan yang bisa dibanggakan, nilai pun standar-standar saja akan menjadi pertanyaan yang membingungkan.

Situasi seperti inilah yang semestinya di perhatikan oleh para pelajar saat mereka masih di SMP atau SMA/SMK bahkan mahasiswa yang sedang menempuh jenjang S1.  Persiapan itui sudah harus disiapkan jauh sebelum mereka terjun ke dunia kerja untuk menekuni pekerjaannya. Bagaimana mereka mau menjawab pertanyaan seperti di atas?


Untuk bisa menjawab pertanyaan di atas tentu saja ada bekal yang harus dimiliki :

1. Ketrampilan.
Ketrampilan apapun yang dikuasai dengan baik akan menjadi salah satu kekuatan untuk bertahan hidup di masa yang akan datang. Mempelajari ketrampilan, memang memerlukan biaya, waktu, dan tenaga. Inilah yang disebut sebagai investasi. Investasi ialah berkorban di masa sekarang agar di masa yang akan datang bisa memberikan pemasukan bagi pelakunya. Semakin tinggi seseorang berinvestasi, akan menghasilkan pemasukan yang besar di masa yang akan datang.

Sebagai contoh, David Becham, dia mengivestasikan waktu, serta fikirannya untuk membuat dirinya memiliki tendangan yang sangat akurat. Dia menginvestasikan waktu, tenaga, dan fikirannya untuk berlatih menendang dengan disertai penghalang-penghalang lalu menembakkan ke gawang sebanyak dan sesering mungkin ke gawang. Ajaibnya, gawangnya hanya terbuat dari ban mobil, dan lobangnya itulah yang menjadi sasaran tembaknya. Berkat investasinya itu, dia menjadi orang yang memiliki tendangan yang sangat akurat. Investasi yang dilakukan Becham telah menghasilkan buah yaitu dikenal sebagai pemain dengan tendangan paling akurat di dunia.

Kisah lain, ialah the Beatles, yang rela berlatih band setiap hari selama 8 jam di panggung gratis di Hamburg. Hasilnya, siapa di pelosok bumi ini orang yang tahu musik tidak kenal the Beatles?

Begitu juga dengan Agnes Monica, yang rela berlatih selama delapan jam setiap hari, sehingga dengan ketrampilan yang dimilikinya itu dia beberapa kali bernyanyi bersama dengan penyanyi level dunia laiinnya.

2. Rasa Percaya Diri.
Percaya diri sangat penting dimiliki oleh siapa saja, karena tanpa percaya diri maka suatu perbuatan akan tidak nyaman bagi yang melihatnya maupun bagi yang melakukan.

Tidak ada salahnya, kelebihan-kelebihan diri mulai di bangku SMP sudah diketahui, sebaliknya kelemahan-kelemahan diri juga diketahui untuk kemudian diperbaiki.

Biasanya, antara ketrampilan yang bisa dibanggakan dengan kepercayaan diri berhubungan secara signifikan. Artinya, bila seseorang yang memiliki ketrampilan, biasanya lebih memiliki kepercayaan diri dibandingkan yang tidak memiliki ketrampilan.

3. Kemampuan Menyampaikan Pendapat/ide secara tertulis atau lisan.
Kemampuan menyampaikan pendapat/ide secara runtut, mengelola dan mengatur bahasa saat menyampaikan pendapat adalah kemampuan soft skill yang tidak diragukan manfaatnya  saat ini. Banyak tuntutan-tuntutan pekerjaan yang menuntut kemampuan bahasa secara tertulis atau lisan. Pembuatan Proposal, laporan, konsep-konsep, penawaran-penawaran, adalah sedikit dari contoh pekerjaan yang banyak menuntut kemampuan mengungkapkan pendapat secara tertulis, sementara kemampuan presentasi ialah kemampuan secara lisan.

Bila hal-hal tersebut di atas bisa dikuasai dengan baik, semoga pertanyaan "Mengapa Saya Harus Menerima Anda Bekerja Di Perusahaan Kami?" akan bisa dijawab dengan baik.

"Ya, Bapak bisa menerima saya bekerja di Perusahaan Bapak karena saya memiliki kemampuan membuat proposal penawaran atau kerjasama, presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia dengan efektif sehingga bisa meningkatkan kinerja perusahaan untuk membuat terobosan-terobosan baru."


Fadjar
www.latihan-english.com

Related Post