DGp8us635PkDgBjtWYFyqgXW69I Masalah Dengan Mencuci ? Inilah Solusinya

Saturday, September 29, 2012

Masalah Dengan Mencuci ? Inilah Solusinya



Wulan kecewa saat mendengar pembantu orang yang biasa menyediakan jasa mencuci di rumahnya tidak lagi kembali ke Jakarta karena faktor usia dan kesehatan. Kesedihan Wulan bukanlah tidak beralasan, karena dengan absennya orang itu maka berarti pakaian kotor akan menumpuk dan tenaga mencuci dan setrikanya akan berat meskipun di rumahnya juga tersedia mesin cuci yang canggih yang berkapsitas besar. Meskipun demikian hal itu belumlah memberikan solusi atas permasalahannya, karena tenaga untuk menyetrikan masih harus difikirkan.



Mensikapi hal demikian di atas, Sugeng suaminya juga pusing, namun dia teringat bahwa ada laundry kiloan. Untuk mencoba kualitas laundry kiloan yang agak jauh dari rumahnya, dia mencoba memakai jasa tersebut. Setelah mengetahui harganya yang masuk akal dan hasilnya lumayan bersih akhirnya dia berkeyakinan bahwa laundry kiloan inilah solusi atas masalah tidak adanya pembatu cuci di rumah.

Sejak saat itu, semua pakaian luar dia kirimkan ke laudry kiloan itu sementara untuk pakaian dalam dicuci sendiri oleh istrinya di rumah.

--

Laundry kiloan saat ini memang sedang trend tidak hanya di Jakarta, di berbagai daerah pun saat ini ramai. Memang bila dihitung-hitung laundry kiloan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan yang sibuk. Singkat kata, mereka tidak punya waktu untuk kegiatan cuci-mencuci pakaian yang banyak memakan waktu dan tenaga serta sumber daya. 

Jasa Laundry kiloan yang ada di masyarakat biasanya sudah meliputi jasa setrika, sehingga baju kotor yang dikirim ke Laundry Kiloan akan keluar dari Laundry tersebut dalam keadaan wangi dan rapi sudah tersetrika. Istilahnya "masuk kotor, keluar rapi".

Laundry Kiloan ternyata juga bisa menghemat pemakaian listrik, pemakaian air, dan pemakaian deterjen, mengapa demikian? 

Pada kasus Sugeng di atas, ternyata dia mendapati bahwa biaya jasa cuci di rumahnya lebih mahal dibanding bila dia harus mengirim pakaian luarnya ke Laundry Kiloan. Hal ini dikarenakan bila menggunakan jasa cuci di rumahnya, selain harus membayar jasa cuci itui sendiri, dia harus mengeluarkan biaya pemakaian listrik untuk mencuci dan setrika, air, serta deterjen. Yang terpenting lagi air yang terpolusi daterjen yang keluar dari rumahnya sudah banyak berkurang. Dari sisi lingkungan dia sudah mengurangi pencemaran lingkungan karena air yang berlimbah deterjen "dipindahkan" ke Laudry Kiloan yang mungkin suatu saat juga harus memiliki pengolah limbah sederhana.

Di saat ada masalah, ternyata ada solusi. Pernah mencoba Laundry Kiloan? Silakan anda bandingkan.


Fajar
twitter @fajarsetyanto

Related Post