DGp8us635PkDgBjtWYFyqgXW69I Awas Vampir Listrik

Thursday, September 27, 2012

Awas Vampir Listrik



Tetra merasa pemakaian listriknya tidak terlalu banyak, bahkan dia pun sudah menghitung semua voltase yang dipakai di alat-alat elektronik yang ada di rumahnya tapi ternyata tagihan listriknya masih membengkak. Dia mencurigai kalibrasi alat meteran listrik yang ada di rumahnya tidak benar, namun setelah dicek oleh petugas PLN ternyata alat tersebut berfungsi dengan benar.



Tetra mencoba mengamati pemakaian listrik di rumahnya, ternyata dia menemukan sesuatu yang dianggap lumrah tetapi ternyata menjadi penyebab dari membengkaknya listrik di rumahnya. Mereka adalah : charger handphone, radio, dvd player, ac dan komputer. Mengapa demikian ? 

Alat-alat elektronik di atas ternyata bila tidak dipakai namun masih melekat pada stop kontak terus mengkonsumsi listrik. Charger handphone misalnya, bila setelag pemakaian tidak dilepas maka dia akan terus mengkonsumsi listrik sama seperti saat dia dipakai. hal ini dikarena dia adalah adaptor, sifat dari adaptor selalu mengkonsumsi listrik selama dia melekat pada stop kontak meskipun dia tidak dipakai. Sementara seperti radio, dvd player dan ac selama mereka berada dalam keadaan standby maka mereka akan mengkonsumsi listrik.

Sementara bagaimana dengan komputer? Komputer juga sama, pada komputer sering kasus seperti lupa mematikan stabilizer atau monitor dalam keadaan standby, akan meningkatkan pemakaian listrik.

Khusus pada komputer bila sedang digunakan lebih baik anda menggunakan time saver daripada screen saver. Pada kasus screen saver anda mungkin menampilkan gambar-gambar indah atau lucu yang bergerak, sebagai informasi, dengan menggunakan metode seperti itu, maka penggunaan listrik anda sama dengan saat komputer dipakai. Namun berbeda bila anda menggunakan time saver, dimana saat itu layar monitor dalam keadaan gelap dan cpu dalam keadaan standby. Pada metode terakhir lebih menghemat penggunaan listrik.

Beberapa hal di atas itulah yang dikatakan vampir listrik. Dikatakan vampir karena, seperti halnya vampir, mereka menyedot darah korbannya tanpa terasa sakit namn tiba-tiba darahnya habis. Penggunaan alat-alat listrik seperti di atas, juga akan menyedot listrik anda setiap hari, meskipun anda tidak merasa menggunakan barang-barang tersebut. Bila tagihan anda lebih tinggi dari perhitungan anda, mungkin ada baiknya anda mengecek hal-hal kecil tersebut. Selain itu ada hal yang jauh lebih penting, menghindari hal-hal tersebut di atas juga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

Manfaat lainnya yang juga tak kalah penting ialah dengan menggunakan listrik secara tepat juga sama dengan melindungi lingkungan. Anda mau ambil bagian melindungi lingkungan?

Related Post